Tech Blog
blog by Ihwan

Cara tetap termotivasi saat belajar pemrograman

Halo temen teman semuanya, mari kita bahas tentang sesuatu yang mungkin pernah kita rasakan atau mungkin sedang dirasakan sekarang. yaitu gimana caranya tetap termotivasi serta konsisten saat belajar programming, belajar menulis kode dan belajar memahami kode.

pertama kali kita memutuskan untuk belajar pemrograman, Tidak jarang kita merasa demotivated, meresa tidak pantas , merasa kalau programming bukanlah hal yang cocok untuk saya, beralasan mungkin kita cocoknya kerja di air saja. atau apalah yang menyebabkan kita jadi malas untuk melanjutkan perjuangan kita belajar pemrograman.

Tentunya belajar secara konsisten adalah perjuangan yang sangat sulit, semua orang pasti merasakan itu, tapi berikut bisa aku kasih tips caranya agar stay motivated dan stay consisten:

1. Jadikan belajar pemrograman sebuah prioritas

Kalau sudah prioritas pasti disempatkan, jadi bukan belajar pemrograman ketika mood saja, pas gabut banget capek scroll scroll social media, atau emang ga tahu mau ngapain. kita harus tetap memprioritaskan untuk belajar, melilih jadi programmer atau software developer berarti memilih untuk belajar sepanjang masa.

Awalnya pilih satu bahasa dulu, mantapkan disitu. jangan tergiur dengan bahasa bahasa lain ketika baru setengah belajar, nanti jatuhnya bisa semua bahasa pemrograman tapi dikit dikit. mending bisa 1 bahasa pemrograman tapi expert, sisanya kalau mau terjun ke bahasa pemrograman baru kita akan lebih mudah memahaminya, karena kita sudah punya pengalaman di satu bahasa secara konsep dan real worldnya.

2. Belajar dasar bahasa pemrograman

belajar hal hal dasar, sudah banyak ebook, youtube atau dokumentasi resmi tentang bahasa pemrograman apa yang mau kamu pelajari, even komunitas banyak yang menterjemahkan dokumentasi tersebut ke bahasa indonesia.

terkadang kita terbiasa belajar dari youtube/course secara buta, hanya mengikuti apa instruksi dari instruktur pembuat video tersebut tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang kita lakukan/pelajari. iya sih project atau tutorialnya jadi, tapi kalau disuruh ubah nge-tweak atau ubah logicnya akan pusing banget. nah disitu letaknya penting belajar hal hal dasar.

Pelan pelan saja saat belajar, tidak perlu menghabiskan 1 course dasar programming language dalam sehari, pahami sedikit demi sedikit konsepnya. mulai dari mengambil langkah kecil, sedikit demi sedikit pasti nanti paham juga.

3. Belajar dari Project Based

Dalam membuat project, ada banyak methode atau teknik yang bisa kita pilih, tapi pilihlah yang paling cocok dengan teman teman. serta pilihlah topic yang teman teman paham dan mulai kerjakan projectnya

Tentukan juga end goal dari project ini apa, agar nantinya kita punya ekspektasi deadline dan kapan project ini selesai. misal sebuah aplikasi yang berisikan list makanan sehat untuk diet dan bagaimana cara memasaknya. nah dari sini kamu bisa breakdown apa saja kebutuhan fitur, halaman, data dan berapa lama ekspektasi waktu kita bisa menyelesaikan project ini

4. Jangan overwork

Tentukan waktu yang bisa teman teman habiskan untuk belajar pemrograman tiap harinya, misal 3 jam sehari. ini lebih baik menurutku daripada kita menghabiskan 24 jam di weekend untuk belajar koding, 2-3 jam setiap hari akan memberikan progress yang significant. kalau ketemu error bisa istirahat dulu, biasanya kalau jauh jauh dari komputer kita bakalan nemu solusinya.

Intinya jangan push diri kita terlalu keras, kita manusia bukan robot, perlu istirahat, apalagi dikeadaan yang seperti ini, kesehatan mental adalah hal utama.

5. Realistis kepada rencanamu dan ekspektasimu

Belajar pemrograman bukan sesuatu yang bisa selesai dengan nonton video <insert programming language> for beginner in 1 hours. semua butuh perjuangan, kita harus paham konsepnya, haru mengerti cara kerja nya dan harus kuat dengan semua problem yang kaan datang. praktik, praktik, praktik. Menurut hukum 10.000 jam, untuk menjadi ahli, seseorang perlu melakukan kegiatan yang ditekuninya itu selama 10 ribu jam 10.000 jam. Itu artinya jika kita belajar 8 jam sehari maka perlu waktu sekitar 3,4 tahun untuk bisa jadi ahli atau expert, jadi kalau baru belajar sehari dua hari maka bersabarlah dan nikmati prosesnya.

6. Belajar di kantor lebih asyik

ni yang aku suka, kalau kita sudah mengerti dasar dari bahasa pemrograman, tidak ada salahnya untuk coba apply lamaran ke sebuah perusahaan. kalau diterima, kita bisa lanjut belajar sambil dibayar. bertemu dengan teman teman baru serta (mungkin) senior yang bakal mengayomi kita. semangat!

7. Temukan Teman / Group yang se-frekuensi

Project-an atau bikin produk bareng teman akan lebih seru, bisa saling memotivasi kalau salah satu ada yang down atau demotivated. juga gabung di group group yang sesuai, tidak perlu gabung di semua group bahasa pemrograman, fokus aja di satu atau dua group. contoh group bahasa pemrograman yang sedang kita pelajari satu lagi group komunitas developer lokal di tempat kita.

Nah itu dia tips dariku, semoga berguna dan bisa membuat kita tetap semangat belajar. Terimkasih sudah membaca