Published on

Benefit Belajar Programming

Authors

Hi gaes, mau cerita lagi nih.

Jadi sudah beberapa waktu aku belajar programming dan mau sharing sharing suka dukanya. tentu kalau dihitung hitung aku rasa lebih banyak sukanya daripada dukanya hehe.

langsung aja ya. mungkin lebih baik kita bahas dukanya dulu biar happy ending jadinya.

pertama, pastinya belajar programming tidak mudah tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari. kita akan berpusing-pusing dengan error yang kita buat sendiri, begadang bermalam malam untuk memahami kode dan function dan kadang harus dibayar murah atau bahkan tidak dibayar untuk membuat beberapa program.

ya tapi dari situ efek sampingnya akan sangat besar dimana kita akan sedikit demi sedikit memahami bagaimana kode bekerja serta memiliki beberapa portofolio dari hasil mengerjakan project gratis atau murah tersebut yang mana nantinya kita akan bisa menjadi lebih professional dari sebelumnya.

Nah sekarang sukanya ya. ini tergantung sih dari masing masing pandangan kita dan jadi programmer seperti apa kita ini. yang pertama bisa membuat sesuatu jadi lebih mudah, karena kalau kita bikin aplikasi tapi malah mempersulit pengguna, berarti kita belum berhasil membuat aplikasi yang baik.

Selebih jika kita bekerja di startup atau company biasanya akan banyak benefit yang akan didapatkan, misal laptop berspesifikasi tinggi, jam kerja fleksibel hingga bisa remote dan konsumsi gratis yang tersedia di kantor (misalnya).

Selain itu jika kita bergabung di komunitas programming, kita bisa mengikuti meetup yang artinya kita bisa menambah wawasan serta koneksi dengan orang orang yang lebih senior dibidang ini. mungkin adakalanya kantor mereka membutuhkan programmer dan daripada jauh-jauh mencari lebih baik cari yang sudah jelas aktif dan berkontribusi di komunitas. saya lihat sih banyak orang orang yang aktif dikomunitas dan tiba tiba sudah masuk saja di startup unicorn hehe.

Mungkin ini dulu yang bisa saya sharing kali ini, semangat belajar koding nya dan kontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.