Published on

Aku Koding dan Error

Authors

Sudah hampir dua tahun lebih aku belajar koding dan benar benar masuk ke dunia programming ini. bisa dikatakan hidupku sangat bergantung pada programming jadi tidak ada salahnya kalau aku cerita sedikit tentang pengalamanku ini.

Tentu saja aku bukanlah seseorang yang professional banget dibidang ini tapi setidaknya aku bukan newbie bangetlah ya ;). kemauan untuk terus belajar hal baru selalu ada didalam diriku, ga pernah sekalipun aku terpikirkan kalau aku mau fokus di bahasa ini dan framework ini selamanya. Sebagai programmer aku harus siap untuk menerima hal baru dan juga mempelajarinya. Kalau ga update ya siap-siap saja tergerus oleh zaman. Dunia IT berbeda dengan dunia agama yang tidak ada istilah obsollete atau deprecated. apa yang kita pelajari sekarang bisa jadi beberapa waktu kedepan sudah menjadi hal yang kuno.

Dalam menjalani hari-hari sebagai programmer tentu saja banyak sekali rintangan serta tantangan yang menghadang. Awal-awalnya sih memang hanya masalah niat dan spesifikasi komputer tapi makin kesini makin berat rintangannya. Mulai dari bingung pilih mau fokus di bagian apa, web, mobile atau desktop bahkan sampai perasaan ingin menyudahi saja semua ini hanya karena bertemu error. Mulai merasa tak pantas jadi programmer dan selalu bingung dengan error-error yang ditemui.

Sampai sekarang aku masih merasakan hal yang sama saat bertemu error pertamaku, rasanya selalu penasaran bahkan sampai tak bisa tidur kalau error itu belum selesai. Mungkin ada yang pernah mengalami apa yang ku alami juga. Bahkan aku pernah bermimpi dengan error-error ku ini. Hehe, lebay banget ya ;).

Dan pastinya perasaanku akan sangat bahagia jika pesan error nya berubah walaupun belum benar benar fixed errornya. Setidaknya kita telah melakukan perjuangan untuk menyelesaikan error itu dan disinilah peran stackoverflow, google dan komunitas sangat membantu.

Harusnya memang error kita anggap sebagai teman, saat kita bertemu dengannya berarti kita akan punya pengalaman baru, kita akan belajar hal baru dan mendapatkan kepuasan yang baru juga. Semangat dalam menghadapi error yang ada, semua pasti bisa di selesaikan. Ingat bahwa kita bukan orang pertama yang mendapatkan error tersebut, sudah banyak orang yang lebih dulu mencoba, bertemu dan menyelesaikan error tersebut. Tetap semangat dan jangan menyerah.